Selamat Datang di Blog-ku

Nan Lamo Takanang Juo

Jumat, 07 Oktober 2011

Membaca Teknis


Membaca Teknis

1 Pengertian dan Tujuan
 Membaca teknis sering juga disamakan dengan membaca nyaring. Membaca nyaring (oral reading) adalah lawan dari membaca pemahaman atau membaca dalam hati (silent reading). Dalam pemahaman sehari-hari kita cenderung memakai istilah membaca teknis dari pada membaca nyaring. Sebab secara sepintas membaca nyaring sering diasosiasikan sebagai membaca bersuara atau membaca yang dibunyikan. Padahal tujuan nya lebih dari itu,bukan hanya menyuarakan saja, tetapi juga menggunakan teknik-teknik tertentu supaya pennyuaraan / pengucapnya benar dab tepat, sehingga orang yang mendengar menangkap serta memahami maksud si pembaca dengan baik.Untuk itu, istilah yang cocok untuk pngertian ini adalah membaca teknis.
            Pada membaca dalam hati, pembaca hanya mempergunakan ingatan visual, sedangkan yang aktif adalah mata (penghilatan dan pandangan) serta ingatan. Sedangkan dalam membaca teknis, selain penglihatan dan ingatan turut aktif, ingatan pendengar dan ingatan yang bersangkutan paut dengan otak-otak pembaca dengan otot-otot pembaca yang berupa ekspresi dan persaan (Moulton dalam Tarigan,1985 : 22). Jadi membaca teknis adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang merupakan alat bagi guru, siswa, ataupun pembaca bersama orang lain atau pendengar untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran dan persaan seseorang pengarang atau penulis.

2 Bahan-Bahan Membaca Teknis
            Bahan–bahan yang diperlukan dalam membaca teknis biasa nya terdiri dari bahan bacaan yang dibacakan secara oral, antara lain seperti berikut ini :
1.    Berita
2.    Pidato
3.    Puisi
4.    Cerpen
5.    Dram
6.    Reportase
7.    Informasi–informasi lain yang unik dan baru

3 Prinsip Membaca Teknis
            Agar membaca teknis dapat atau sesuai dengan sasaran atau tujuan yang diinginkan, maka pembaca hendak nya terlebih dahulu memiliki teknik pembacaan nya dengan baik, seperti yang dijelaskan berikut :
3.1 Memahami dan mengerti makna bacaan
            Sebelum membaca, pembaca terlebih dahulu memahami teks bacaan yang hendak dibaca nya. Disamping itu, pembaca juga mengerti tentang isi bacaan sehingga pembaca dapat menafsirkan sesuai dengan makna yang terdapat dalam bacan.
3. 2 Mengelompokan Kata–kata
            Pembaca hendak nya mengelompokkan kata-kata yang ada dalam teks bacaan dengan tepat sesuai dengan kesatuan informasi atau gagasan, sehingga pendengar paham dan betul–betul mengerti dengan apa yang di ungkapkan nya.
            Keterampilan dalam mengelompokkan kata–kata ini perlu dikuasai oleh pembaca teknis. Letak perbedaan membaca teknis dengan jenis membaca lainnya, antara lain adalah dari segi pengelompokkan kata–kata inilah. Karena, membaca teknis adalah membaca yang dioralkan dan didengarkan oleh orang banyak atau penonton. Jadi, pembacanya harus memperhitungkan keter pahaman pendengar disamping pemahaman untuk diri pembaca itu sendiri.
3.3 Pengucapan dan Vokal Yang Baik
            Membaca teknis memerlukan pengucapan dab vocal yang baik dan tepat,karena suara yabg keluar itulah yang akan memnggugah dan menggetarkan sukma pendengar.Pengucapan dan vocal yang terdapat membuat pendengar seolah – olah berada dalam suasana teks yang sedang dibacakan.
            Dalam teknik vocal ini tercakup kejelasan artikulasi,yaitu perubahan rongga dan dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa. kata Alexander Braham Bell, ‘ suara huruf mati (konsumen) memberikan kejelasan pada ucapan,tetapi suara huruf hidup (vocal) memberikan keindahan pada bunyi nya (rendra , 1976 : 67)
3.4 Mengadakan Kontak atau Hubungan
            Ketika membaca teknis dilaksanakan, pembaca hendaknya mengadakan kontak taua hubungan dengan pendengar atau penonton. Hal ini memberikan kesan bahwa pembaca memang sedang berkomunikasi dengan pendengarnya, sekalipun pembacanya berkomunikasi itu menggunakan teks bacaan.
            Sebagai contoh,seiap hari kita selalu memperhatikan para kru televise membawakan acara apa saja.Sekalipun penontonnya tidak berada langsung dihadapannya,namun mereka selalu melihat dan mengadakan kontak dengan pendengar , misalnya pembaca berita ,pembawa acara hiburan, pewawancara, pembaca teks pidato dan sebagai nya.
3.5 Ekpresi
            Pembaca teknis harus mempunyai ekspresi yang meyakinkan ketika membca teks  bacaan. Ekspresi ini disesuaikan dengan teks yang dibacakan. Jika teks yang dibacakan menginginkan suasana yang ceria dan gembira, maka pembaca pun menciptakan pila ekspresi yang bersuasana ceria,begitu juga kalau teks yang disampaikan bersuasana sedih dan duka, pembaca pun menciptakan ekspresi yang duka pula. Hal ini terlihat dari mimic (air muka) yang dipancarkan.

Pelatihan Membaca Teknis
            Sebagaimana enis bahan yang dapat dibaca dengan keterampilan membaca teknis, maka pelatihannya dapat dilakukan untuk kesemua jenis bahan tersebut. Akan tetapi, pada bagian ini hanya dicontohkan saja beberapa diantaranya :
6 . 4 .1 Pelatihan membaca teks berita
Petunjuk : pahamilah dan kelompokkanlah kata-kata teks berita berikut kemudian bacalah dengan baik.
Selamat malam
Sari warta berita luar negeri !
Dubai
Presiden terpilih Iran ali Akbar Rafsanjai diperkiraakan akan mengumumkan kabinetnya pecan ini.demikian diungkapkan pengamat Iran dan diplomat Barat hari minggu.Menlu kemungkinan dipegang Muhammad Javed Lanjal ,doctor logika dan matematika menggantikan Ali Akbar  Velayati yang akan menjabat wakil presiden.Namun kelompok – kelompok radikal akan berusaha menduduki bagian –bagian intelijen dan luar negeri.
6 . 4.3 Pelatihan membaca puisi atau sajak
            Petunjuk : pahami dan interpretasikanlah puisi dibawah ini,kemudian bacakanlah dengan notasi dan ekspresi yang tepat.

Perahu Kertas
                                                                                                 Sapardi Djokodamano

Waktu masih kanak-kanak kau membuat perahukertas dank au layarkan ditepi kali
Air nya sangat tenang dan perahumu bergoyang menuju lautan
‘ia akan singgah dibandar-bandar besar’, kata seorang lelaki tua.kau sangat gembira,
Pulang dengan berbagai gambar warna – warni di kepala.sejak itu pun kau menunggu kalau –kalau ada kabar dari perahu yang tak pernah lepas dari rindumu itu
Akhirnya kau dengar juga pesan si tua itu,Nuh katanya, ‘telah kupergunakan perahumu itu dalam banjir besar dan kini terdampar di sebuah bukit’

Unsur-unsur Penting dalam Puisi
Tema,diksi,rima,gaya bahasa,cotraan
6 .4.4 Pelatihan Membaca Cerpen
Petunjuk : pahamilah cerpen ini dengan cermat,kemudian bacalah dengan baik
Memahami unsure-unsur pengembangan cerpen
-       Mendengarkan pembaca cerpen dan menceritakan kembali isi cerita
-       Membahas dan mendiskusikan unsure-unsur pembangunan


Unsur - unsur pembangunan cerpen
Tema,alur,latar,tokoh,sudut pandang

Sudut pandang dibedakan 3 :

-       Pengarang menggunakan sudut pandang tokoh dan kata ganti orang pertama,mengisahkan apa yang terjadi pada dirinya dalam mengungkapkan perasaan nya sendiri dengan kata-kata sendiri
-       Pengarang menggunakan sudut pandang tokoh bawaan
-       Pengarang menggunakan sudut pandang impersonal ia sama sekali berada di luar cerita

Unsur intrinstik dan ekstrinstik cerpen

-       Tema = pokok pikiran pengarang
-       Amanat = pesan yang disampaikan pengarang
-       Alur = rangkaian peristiwa yang membentuk cerita
-       Perwatakan = cara pengarang menggambarkan watak tokoh
-       Latar = keterangan tentang tempat,waktu,situasi
-       Gaya bahasa = corak pemakaian bahasa
-       Sudut pandang = cara pandang pengarang dalam menyikapi tokoh


Unsure ekstrinstik adalah = unsure yang mendukung cerita dari unsure

Unsure  intrinstik dan ekstrinstik novel
-       Nilai moral = pesan moral dari perilaku took
-       Nilai estentika = aspek keindahan yang melekat pada karya sastar
-       Nilai social budaya = mencerminkan aspek social budaya suatu daerah.

I Membaca Teknis
  A.    Pengertian membaca teknis menurut  Tampubolon adalah membaca atau melafalkan tulisan dan memperhatikan tanda baca.Pembaca yang mahir selain berusaha menyatakan pikiran dan persaan sejelas mungkin dengan menggunakan lambing bunyi,intonasi,keras lambat suara ada variasi kecepatan ujaran

5 komentar:

  1. What is the Difference between baccarat and the - Wolverione
    In baccarat, the object of a game is to win the amount of points on a hand. If you win your bet on that 바카라 게임 사이트 hand, you win all the points you've

    BalasHapus