Selamat Datang di Blog-ku

Nan Lamo Takanang Juo

Jumat, 07 Oktober 2011

Membaca Cepat


MEMBACA CEPAT
A.Pengertian Membaca Cepat
1. Menurut Drs. Nurhadi (1987)
            Membaca cepat yaitu membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca dan bahan bacaan.
2. Menurut Harjasujana
            Membaca cepat yaitu kegiatan merespon lambang-lambang cetak dengan menggunakan pengertian yang tepat pembacaan yang mahir akan memberikan respon kepada apa yang diugkapkan oleh penulis dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memahami apa yang dibacanya dengan sebaik-baiknya
B. Manfaat Membaca cepat
Menurut Harjasujana
1.      Dengan membaca cepat orang dapat meninjau kembali secara materi yang pernah dibacannya.
2.      Membaca cepat memberikan kesempatan untuk membaca secara lebih luas,bagian-bagian yang sudah sangat dikenal tidak usah dihiraukan, perhatikan bias difokuskan pada bagian-bagian yang baru atau bagian-bagian yang belum dipahami.
C. Metode Membaca cepat
            Menurut Drs. Nurhadi (1987) ada beberapa yang dikembangkan dalam membaca cepat, yaitu:
1.      Metoda kosakata
     Metode kosakata adalah metoda mengembangkan kecepatan melalui pengembangan kosakata. Artinya metoda ini mengarahkan perhatian pada aspek perbendaharaan kata seorang pembaca. Dasar pikiran metoda ini yaitu semakin banyak atau semakin besar perbendaharaan kata seseorang semakin tinggi kecepatan membacanya.

2.      Metoda Motivasi
      Cara kerja metoda ini adalah dengan memotivasi para pembaca pemula dengan berbagai macam rangsangan bacaan yang baik sehingga tumbuh minat bacanya. Pikiran yang mendasari metoda ini yaitu semakin seseorang pada jenis buku tertentu maka semakin tinggi kecepatan dan pemahaman seseorang.

3.      Metoda Bantu Alat
     Cara kerja metoda ini adalah ketika seseorang membaca, gerak matanya dipercepat dengan bantuan alat berupa ujung pensil, ujung jari atau penunjuk khusus dari kayu. Metoda ini memperoleh hasil yang memuaskan. Tetapi akhirnya mempunyai efek negative yaitu ketergantungan pada alat bantu yang digunakan.

4.      Metoda gerak Mata
      Metoda gerak mata adalah metoda yang paling banyak dipakai dan dikembangkan orang sekarang, baik untuk pengajaran membaca permulaan, maupun bagi siapa saja yang mau meningkatkan kecepatan membaca.

D. Teknik Membaca Cepat
Menurut Drs. Nurhadi (1987)
1.Membaca Skiming
            Teknik membaca skiming artinya menyapu halaman buku dengan cepat untuk menemukan sesuatu yang dicari. Dengan demikian orang yang sedang membaca dengan teknik skiming tidak melihat kata demi kata, Kalimat demi kalimat atau paragraf, tetapi menyapu halaman secara menyeluruh.    
            Langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam teknik membaca skiming adalah sebagai berikut:
a.       Pertanyaan dulu “ Apa yang akan kita perlukan dari buku ini?.”
b.      Dengan bantuan daftar isi atau kata pengantar, carilah kemungkinan bahwa informasi yang anda butuhkan itu ada dalam buku tersebut.
c.       Telusuri setiap garis yang baca dengan kecepatan tinggi.

1 komentar: