Melengkapi Paragraf
1.Menurut Yarni Munaf.
Melengkapi paragraf ialah Salah
satu teknik membaca pemahaman yang bertujuan untuk melihat pemahaman terhadap
teks bacaan.
Pemahaman itu dari segi keterampilan memahami dan menghubung-hubungkan
fakta-fakta yang ada dalam bacaan dengan kata-kata yang ada dalam paragraf itu
2.Menurut DR.Agustina,M.HUM.
Melengkapi paragraf ialah Salah satu teknik membaca
pemahaman yang dapat
digunakan guru untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap teks yang
dibacanya.
Pembuatan Pelatihan Melengkapi
Paragraf.
- Mencari dan memilih paragraf-paragraf untuk dijadikan sebagai bahan pelatihan.
- Memikirkan dan menyeleksi bahan-bahan tersebut apakah ada terdapat kata-kata kunci yang akan mengarahkan dalam mengerjakan serta mengisi pilihan-pilihan yang ada dalam latihan.
- Memikirkan dan mencari kata-kata yang cocok dan tepat sebagai pilihan-pilihan dari jawaban untuk mengisi bagian paragraf yang belum lengkap itu.
- Memper banyak bahan-bahan tersebut untuk pelatihan.
- Sesudah pelatihan diskusikan dan evaluasi hasilnya.
C.Isian Rumpang.
Isian rumpang atau biasa dikenal dengan Group
Close adalah Salah satu teknik membaca pemahaman yang dititipkan kepada
pemahaman siswa terhadap kosa kata/pilihan kata yang tepat untuk sebuah bacaan.
1.Pembuatan Penelitian Isian Rumpang.
- Suatu paragraf awal/beberapa kalimat permulaan dibiarkan utuh (tidak ada kata-kata yang dihilangkan).
- Tujuannya adalah untuk memberi arah wacana dan gaya penulisannya.
- Sesudah itu, kata-kata dihilangkan secara beraturan.
- Kadang-kadang cara yang beraturan itu dapat dilanggar, sehingga kata-kata yang dikosongkan dapat menghangatkan situasi diskusi atau untuk tujuan tertentu.
2.Tujuan isian
rumpang.
- Untuk lebih memperluas pengetahuan tentang kosa kata dan persilahan dari satu pokok pembicaraan atau permasalahan dalam konteksnya.
- Dapat menjadi kegiatan yang sangat baik untuk latihan merevisi, memperbaiki, menyederhanakan bahan-bahan bacaan.
- Dapat memberikan wawasan yang baik dalam meningkatkan pemahaman
3.Keuntungan Isian Rumpang.
- Dapat menjadi alat yang ideal untuk dapat mendorong tanggapan terhadap bahan bacaan.
- Untuk menganalsis gaya penulisan atau penulisan wacana.
- Dipakai sebagai latihan kesiapan atau tanggapan memikirkan maksuddan tujuan penulisan atau penulisan wacana yang dibaca.
- praktis akan pengetahuan dan pemahaman tata bahasa siswa.
- Dapat mempengaruhidan memperbaiki penulisan atas karangan.
D.Penatan Gagasan
Teknik penataan gagasan ini
bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang letak urutan atau susunan
kejadian-kejadian,peristiwa-peristiwa,pikiran-pikiran dalam suatu paragraf atau
wacana.
- Tujuan teknik penataan gagasan
Teknik penataan gagsan GS
(group scquensing) ini selain bertujuan memahami isi,juga bertujuan untuk
mengingatkan pemahaman siswa tentang letak urutan atau susunan
kejadian-kejadian,peritsiwa-peristiwa,pikiran-pikiran dalam suatu paragraf atau
wacana.
- Keuntungan-keuntungan group scquensing.
- Siswa dapat belajar lebih baik tentang seluk beluk menulis dan mengarang.
- Memberi kerangka bagi siswa untuk mendiskusikan mengapa suatu paragraf berdasarkan kejadian-kejadian,isi pikiran dan sebagainya yang terkandung didalamnya.
- Dapat memberi alasan kepada siswa mengapa bagian dari wacana tertentu cocok sebagai kalimat atau paragraf.
- Siswa mungkin saja dapat menetapkan pilihan-pilihan yang lebih terpadu daripada susunan asli dari penulis wacana.
- Dapat memberi cara lain bagi siswa untuk mempelajari lebih mendalam susunan bahan tertulis.
- Guru-guru yang non bahasa,dapat mmanfaatkan terakhir terutama dalam hal mendiskusikan teks bacaan dan isi pelajaran.
REFERENSI
Agustina.Pembelajaran
Keterampilan Membaca.Padang: FBSS IKIP Padang,2008.
Munaf,Yarni.Rangkuman Pengajaran
Keterampilan membaca.Padang: FBSS UNP.2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar